SEO WARGA PULAU HARAPAN

PAKET WISATA KE PULAU HARAPAN 2016 PROMO MURAH

EMAIL: admin@eharapan.com


TLP/SMS/WA: 085755885078

TLP/SMS/WA: 085755885078


WARGA PULAU HARAPAN

Warga Pulau Harapan, Mendulang Rezeki dari Wisata Laut


Geliat wisata bahari Kepulauan Seribu membuat warga Pulau Harapan semakin berkembang. Kian populernya taman laut di utara Jakarta tidak lepas dari peran warga setempat. Sehingga, wisata bahari di sekitarnya sangat diminati pengunjung dari Jakarta, bahkan kota-kota lain, dan banyak juga turis asing.


Aktivitas wisata penduduk Pulau Harapan berkembang sejak 2012 silam. Pulau kecil dan cukup padat ini berdampingan dengan Pulau Kelapa. Setiap akhir pekan dan liburan panjang, warga Pulau Harapan dapat mendulang rezeki. Banyak yang berlomba membuka homestay dan warung makan, atau menyewakan jasa kapal bagi wisatawan.

Kehidupan warga juga telah difasilitasi oleh puskesmas, kantor urusan agama, dan sebuah taman terpadu. Jika menggunakan sepeda kayuh ataupun motor, berkeliling pulau hanya butuh waktu 15 menit saja. Pemukiman padat terletak pada sisi-sisi jalan, namun tidak ada kendaraan besar seperti mobil di Pulau Harapan.


Diminatinya paket wisata laut tak kurang menopang ekonomi warga Pulau Harapan. Terlebih lagi saat akhir pekan, paket trip jelajah Pulau Harapan dapat mematok tarif minimal 350.000 per orang. Tak heran jika setiap minggunya biro wisata dapat meraup keuntungan minimal Rp. 1,9 juta rupiah.

Bisnis biro wisata dirasa sangat menjanjikan, begitu juga pekerjaan warga sebagai tour guide. Pemandu wisata lokal yang berpengalaman memang akan sangat membantu para pengunjung. Pasalnya sebagian besar spot snorkeling berada di pulau-pulau kecil, sebagian belum dihuni warga.

Maka terkadang jika kondisi laut kurang stabil, maka pemandu akan mencari solusi trip yang tetap memuaskan pengunjung. Namun tentu, menjadi pemandu jelajah bahari tidak selalu mudah. Ada tanggung jawab menjaga keselamatan peserta tour sepanjang hari, hingga waktunya pulang ke homestay di Pulau Harapan.


Umumnya, Hopping Island hanya dijadikan tempat singgah, menginap, dan makan saja. Sementara titik snorkeling utamanya berada di perairan pulau-pulau sekitar yang terjangkau oleh perahu. Seperti Pulau Air, Pulau Perak, Pulau Kayu Angin, Pulau Bulat, Pulau Kelapa Dua, Pulau Genteng Kecil, Pulau Putri, Pulau Macan, dan Pulau Semak Daun.

Pulau-pulau kecil di sekeliling Pulau Harapan menghamparkan pantai yang landai, suasananya masih sepi dari bangunan. Belaian ombak di bibir pantai berpadu hangatnya pasir nan lembut. Panorama langit dicerminkan laut biru nan bening, warnanya bergradasi cantik menjelang senja.

Di pulau kecil yang menjadi cagar alam, banyak backpacker tergoda untuk berkemah. Seperti di Pulau Semak Daun. Pulau cantik nan sepi ini pasir lautnya masih halus. Seperti namanya, vegetasi pulau didominasi semak dan pepohonan. Pulau Semak Daun jadi favoritnya para backpacker untuk berkemah di tepi pantai.

Dan yang pasti, jika ingin mengeksplorasi sensasi alam pada pulau-pulau itu, warga Pulau Harapan akan sangat membantu.


Ada saatnya dimana warga Pulau Harapan bisa istirahat dari semua agenda wisata. Yaitu pada saat bulan Ramadhan tiba. Ternyata dari sebagian besar pulau berpenduduk di Kepulauan Seribu, hanya Pulau Harapan saja yang sepakat ‘tutup pintu’. Tanpa adanya wisatawan, semua orang bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

Jangan khawatir, biasanya pintu wisata kembali dibuka setiap H-7 Lebaran. Saat itu suasana pulau menjadi lebih segar. Sebab selama waktu penutupan Pulau Harapan, aktivitas perawatan pantai bisa berjalan lebih lancar.

Meskipun tengah berpuasa, warga dibantu pemerintah setempat, lebih giat membersihkan lingkungan, serta menambah jumlah pohon-pohon bakau di pinggir pantai. Barulah saat menjelang waktu berbuka puasa, banyak warga berkumpul di taman terpadu. Terutama para orangtua yang menemani anak-anaknya bermain.


Transportasi Kapal, Jakarta-Pulau Harapan

Jakarta punya banyak jenis kapal untuk menuju Pulau Harapan. Seperti halnya kapal cepat di Dermaga Marina Ancol, tarifnya sekitar Rp. 270 ribu per orang. Biasanya kapal penyeberangan reguler akan berangkat antara pukul 07.00 dan 08.00 pagi. Rutenya pulau ke pulau di dalam gugus Kepulauan Seribu.

Jika ingin tarif lebih murah, gunakan kapal dari Muara Angke atau pelabuhan Sunda Kelapa, ongkosnya Rp. 15 ribu saja. Kapal kayu akan mengarungi laut selama 3,5 jam. Memang agak jauh dibanding pulau lain, sebab posisi dermaga Hopping Island berjarak 60 km dari utara daratan Jakarta.


Di sisi lain, bagi warga Kepulauan Seribu, transportasi kapal memang sangat diandalkan. Hanya kapal yang bisa digunakan untuk bepergian antar pulau, dan juga pulang-pergi ke ibukota.

Jika hari kerja biasa atau weekdays, kapal penumpang banyak dinaiki warga Pulau Harapan yang bekerja di Jakarta. Maupun yang perlu belanja kebutuhan pokok di pasar-pasar ibukota.

Seperti itulah dinamika kehidupan warga Pulau Harapan di Kepulauan Seribu. Dimana pariwisata bahari menjadi sumber ekonominya, dengan kewajiban untuk menjaga lingkungan alam. Sehingga takkan pernah ada yang merasa jenuh saat berakhir pekan di Pulau Harapan.

WARGA PULAU HARAPAN